SELAMAT DATANG DI LAMAN KAMI !!

SELAMAT DATANG DI LAMAN KAMI !!

Kami menghadirkan blog ini dengan semangat Entrepreneurship yang tinggi. Kenapa Entrepreneurship begitu penting ? Karena bangsa yang maju adalah bangsa yang mempunyai banyak entrepreneur, dan Indonesia memiliki jumlah entrepreneur yang sangat sedikit -tidak sampai 0,2% jumlah penduduk-.


David Osborne dalam buku Reinventing Government mengungkap satu negara menjadi makmur apabila sedikitnya mempunyai 2 % entrepreneur. Singapura, menurut laporan Global Entrepreneurship Monitor (GEM) memiliki entrepreneur 7,2% dari jumlah penduduk. Padahal tahun 2001 hanya mempunyai 2,1% entrepreneur. Menteri Koperasi dan UKM Syarief Hasan mengatakan, persentase penduduk China dan Jepang mencapai 10 %. Sedangkan yang tertinggi adalah Amerika Serikat sebesar 11,5% - 12%.

”Bangsa ini (Indonesia) sulit maju karena minimnya semangat entrepreneurship,” kata Ciputra, pendiri Taman Impian Jaya Ancol.

Pada tahun 2007 terdapat lebih dari 740.200 orang lulusan perguruan tinggi yang menganggur. Kondisi ini disebabkan lulusan perguruan tinggi umumnya hanya berorientasi mencari pekerjaan, bukan menciptakan pekerjaan.

Di sisi lain, kekayaan alam Indonesia yang sangat berlimpah tidak dikelola secara optimal. Ini juga karena minimnya semangat entrepreneurship.

Untuk itu, kami menggagas OHIO FOOD & BEVERAGE dengan Tujuan Memberdayakan Potensi Sumberdaya Alam dan
Manusia Melalui Peningkatan Nilai Tambah Produk Pertanian dan Peternakan.

Tentang Kami

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu industri terbesar di dunia yang terus berkembang dan selalu memberi peluang bagi tumbuhnya para pemain baru lengkap dengan gagasan innovatif dan aplikasi teknologi baru yang terus meningkat.

Pengembangan Ohio Food & Beverage yang dimulai sejak April 2004 memiliki tujuan yang komplit, mulai dari hablumminallah hingga hablumminannas, diantaranya :
  • Sebagai salah satu bentuk realisasi rasa syukur terhadap apa yang telah dianugerahkan Allah SWT, dengan produk pertanian dan peternakan yang berlimpah selayaknya kita memberikan nilai tambah, tidak saja bagi petani dan peternak, tapi juga sejumlah masyarakat yang nantinya terlibat dalam proses produksi, distribusi dan pemasaran.
  • Menyediakan alternative konsumsi yang sehat dan harga terjangkau untuk berbagai kalangan masyarakat.
  • Meletakkan dasar kemandirian bagi masyarakat untuk tidak selalu tergantung pada produk impor/industry asing yang sangat berkuasa di Indonesia.
  • Lebih jauh diharapkan menjadi volunteer dalam melahirkan lebih banyak lagi wirausahawan yang dibutuhkan untuk membangun bangsa ini.
Saat ini produk yang kami kembangkan adalah Yoghurt (peningkatan nilai tambah susu murni), Selai Buah Asli  – saat ini baru Strawberry & Blackberry (peningkatan nilai tambah buah-buahan) dan Aneka Keripik – Kentang dan Keladi/Talas (peningkatan nilai tambah produk pertanian), menyusul aneka tepung biji-bijian (beras merah, kedelai, kacang hijau dll.).

Walaupun dengan skala home industri, kami memberanikan diri untuk memulai di usia yang  terbilang tidak muda lagi, paling tidak semangat ini akan menjadi inspirasi dan motivasi bagi generasi yang lebih muda. Harapan kami lebih jauh adalah meletakkan dasar-dasar entrepreneurship bagi generasi mendatang. 

Dengan bersinergi dengan sejumlah pihak dengan visi yang sama, untuk kedepan diharapkan dapat dilakukan program pengembangan binis terus menerus, dan kami akan berkonsentrasi dalam penciptaan produk baru yang lebih spesifik sesuai dengan kebutuhan pasar.